Prodi Teknologi Pangan Unpad Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Sehat

[unpad.ac.id, 6/12/2017] Untuk mengedukasi masyarakat agar mengonsumsi sarapan sehat, mahasiswa program studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran menggelar pameran makanan bertajuk “Rise Up” di kampus Unpad Jatinangor, Selasa (5/12).

Kemeriahan pameran makanan“Rise Up” yang digelar mahasiswa prodi Teknologi Pangan di kampus Unpad Jatinangor, Selasa (5/12). Dalam acara ini, mahasiswa memaerkan sejumlah produk pangan inovatif dengan tetap mengutamakan nutrisi.*

Tema besar kegiatan Rise Up ini adalah “Sarapan Sehat Rendah Kalori.  Tema ini diangkat untuk mengedukasi masyarakat bahwa konsumsi pangan tidak harus mahal, melainkan mengandung nutrisi yang sehat dan mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk melakukan aktivitas.

Dengan mengonsumsi pangan sehat, akan diperoleh tubuh yang energik, sehat, dan menghasilkan berat badan ideal. Konsumsi makanan rendah kalori mengarah ke pengaturan berat badan yang baik (diet sehat), sehingga dapat mengurangi risiko nyeri sendi dan artritis (peradangan struktur sendi), risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, serta gangguan pernafasan.

“Diet yang baik bukan merupakan menghilangkan karbohidrat sama sekali, tetapi cukup mengurangi kalori yang ada dalam makanan yang dimakan tanpa mengurangi kandungan gizi lainnya. Artinya kita harus memilih makanan mana saja yang mempunyai kalori tinggi tetapi bisa memenuhi kebutuhan untuk sistem metabolisme dan aktivitas kita dalam sehari-hari,” ujar In-In Hanidah, S.T.P., M.Si., selaku Dosen Koordinator mata kuliah Pengembangan Produk Baru FTIP Unpad.

Lebih lanjut In-In mengungkapkan bahwa acara yang memiliki tag line “Happy Day with Happy Breakfast!”  ini merupakan implementasi dari project based learning mata kuliah Pengembangan Produk Baru. Dalam kegiatan ini mahasiswa mengimplementasikan apa yang selama ini telah dipelajari di bangku kuliah, untuk diterapkan sebagai projek kecil miniatur industri.

“Dalam acara ini mahasiswa diposisikan sebagai pelaku usaha industri kecil  dan sebagai research and development (RnD), dimana mereka diminta untuk membuat suatu produk baru yang inovatif dengan serangkaian tahapan yang telah dilalui mulai dari observasi pasar, penentuan konsep produk, pembuatan prototipe, revisi konsep produk, analisis biaya, dan konsep pemasaran,” jelas In-In.

Selain In-In, mata kuliah Pengembangan Produk Baru diampu oleh Dr. Ir. Een Sukarminah, MS., dan Dr. Souvia Rahimah, STP., M.Sc. Mereka pun berharap agar kedepannya mahasiswa Teknologi Pangan dapat lebih kreatif dan inovatif menciptakan suatu produk yang tidak hanya menarik dan enak, tetapi sehat dan bergizi. Produk tersebut diharapkan dapat diterima oleh konsumen masyarakat luas.

Dengan demikian, diharapkan pula mahasiswa Teknologi Pangan dapat berkecimpung di dunia wirausaha dan  menciptakan lapangan pekerjaan.*

Rilis oleh FTIP Unpad / art

The post Prodi Teknologi Pangan Unpad Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Sehat appeared first on Universitas Padjadjaran.