Registrasi Digelar Tanggal 8 Mei, Ini yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa Baru SNMPTN Unpad

[unpad.ac.id, 5/5/2018] Pelaksanaan registrasi administratif untuk calon mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2018/2019 dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan digelar selama satu hari, yaitu Selasa (8/5) bertempat di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. (Foto: Tedi Yusup)*

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., mengatakan, pelaksanaan registrasi selama satu hari ini dilakukan untuk memberikan pelayanan optimal kepada calon mahasiswa baru. Jika sebelumnya proses registrasi dan cetak kartu tanda mahasiswa dilakukan selama dua hari, diharapkan di tanggal 8 ini semua proses registrasi bisa dilakukan dalam satu hari.

Ditemui Humas Unpad di ruang kerjanya, Sabtu (5/5), Dr. Arry mengatakan, pemberlakuan regsitrasi selama satu hari ini juga merupakan implementasi dari aturan secara nasional. Aturan tersebut menetapkan bahwa pelaksanaan registrasi SNMPTN dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan SBMPTN.

“Jadi, ini akan menutup kesempatan untuk melakukan seleksi ganda. Untuk itu kami tetapkan registrasi diatur satu hari,” kata Dr. Arry.

Mengantisipasi membeludaknya calon mahasiswa baru yang melakukan registrasi, Dr. Arry mengimbau agar calon mahasiswa dapat menjaga proses registrasi agar tetap kondusif. Calon mahasiswa diharapkan datang tepat waktu dan ikut menjaga keteraturan antrean selama registrasi.

“Intinya jangan sampai semrawut. Kalau teratur semua pasti terlayani,” tambahnya.

Calon mahasiswa juga diimbau untuk melengkapi berkas persyaratan yang ditetapkan saat registrasi. Setiap calon telah mendapatkan informasi terkait persyaratan berkas registrasi saat melakukan pengisian biodata secara dalam jaringan (daring). Ketidaklengkapan berkas persyaratan tentu menghambat proses registrasi.

Dr. Arry melanjutkan, calon mahasiswa juga wajib mengisi survei yang telah disediakan Unpad serta melengkapi berbagai isian saat pengisian biodata untuk kepentingan pembuatan KTM dan kartu BPJS. Terkait calon mahasiswa yang mendaftar program bantuan Bidikmisi, Dr. Arry juga mengimbau untuk melengkapi seluruh persyaratan yang ditetapkan di laman Bidikmisi.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Registrasi Digelar Tanggal 8 Mei, Ini yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa Baru SNMPTN Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.