Rektor: Menyelesaikan Studi Tepat Waktu Wujud Syukur Mahasiswa Berkuliah di Unpad

[unpad.ac.id, 21/08/2017] Sebagai perguruan tinggi dengan jumlah peminat terbanyak se-Indonesia 6 tahun berturut-turut, kesempatan untuk bisa diterima dan menjadi mahasiswa di Unpad merupakan hal yang patut disyukuri. Untuk itu, mahasiswa wajib memanfaatkan momentum ini dengan menyelesaikan studi di Unpad tepat waktu.

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menyampaikan pidato dalam acara Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad Tahun Akademik 2017/2018 di Stadion Jati Padjadjaran Kampus Unpad Jatinangor, Senin (21/08). (Foto: Tedi Yusup)*

Demikian disampaikan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menyampaikan pidato dalam acara Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad Tahun Akademik 2017/2018 di Stadion Jati Padjadjaran Kampus Unpad Jatinangor, Senin (21/08). Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program Sarjana, Diploma IV, dan Program Studi di Luar Kampus Utama Pangandaran dan Garut.

Rektor mengatakan, dari total keseluruhan pendaftar ke Unpad tahun ini, hanya 8 persen yang diterima di jalur SNMPTN dan 3 persen saja yang diterima di jalur SBMPTN. Dengan jumlah total 5.799 mahasiswa baru program Sarjana Reguler, sekitar 10 persen merupakan mahasiswa baru yang mendapat bantuan Bidikmisi.

Melihat jumlah peminat dan tingginya keketatan ini mendorong Unpad untuk terus memperbaiki fasilitas pendukung pembelajaran. Dari sisi peningkatan kualitas program studi, sepanjang tahun ini sebanyak 16 program studi yang melakukan reakreditasi seluruhnya berhasil mendapatkan akreditasi unggul.

“Dari jumlah tersebut, 5 program studi berubah dari akreditasi D ke A, dan 3 prodi berubah dari akreditasi C ke A,” kata Rektor.

Arah pembelajaran di Unpad saat ini terus didorong untuk menghasilkan beragam inovasi. Penguatan pada aktivitas riset didorong dengan melibatkan integrasi antara dosen dan mahasiswa. Penguatan ini mengubah beberapa pola akademik yang selama ini berjalan, terutama pada pelaksanaan KKNM dan penyelesaian tugas akhir.

Rektor melanjutkan, untuk pelaksanaan KKNM dan skripsi, mahasiswa akan diintegrasikan dengan berbagai program riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan para dosen. Dengan demikian, aktivitas riset para dosen dapat menjadi wahana yang baik dalam meningkatkan proses akademik mahasiswa.

“Percepatan waktu studi akan menjadi lebih baik,” ujar Rektor.

Proses penyelesaian studi tepat waktu ini diharapkan dapat mengefektifkan anggaran negara untuk membiayai pendidikan. “Negara memiliki kontribusi kuat untuk membiayai pendidikan Saudara. Maka, jika Saudara mampu menyelesaikan studi tepat waktu, anggaran yang ada akan dapat digunakan untuk tahun selanjutnya,” jelas Rektor.

Selain mengajak mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu, Rektor juga berpesan agar mahasiswa baru Unpad dapat mengimplementasikan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. Implementasi tersebut adalah mematuhi berbagai peraturan yang telah ditetapkan Unpad, serta dapat menjaga kebersihan, ketertiban, serta keindahan wilayah kampus dan wilayah di sekitar kampus Unpad.






















Acara penerimaan mahasiswa baru ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua serta para kepala daerah/pimpinan daerah dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat. Berbagai acara pun digelar dalam acara penerimaan mahasiswa baru ini, diantaranya, penyerahan apresiasi kepada mahasiswa, program studi, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berprestasi, geklarasi Gerakan Integritas Kampus, ceramah Wawasan Kebangsaan dari Badan Intelijen Negara, flash mob, serta dimeriahkan dengan penampilan kolaborasi PSM Unpad dengan budayan R.A. Iwan Abdurachman dan penampilan permainan saksofon oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Bank Jabar Banten secara simbolis menyerahkan beasiswa bagi 54 mahasiswa Unpad. Beasiswa juga diberikan oleh Pemerintah Provinsi Maluku.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

 

The post Rektor: Menyelesaikan Studi Tepat Waktu Wujud Syukur Mahasiswa Berkuliah di Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.