Rektor Resmikan Masjid Al Furqon milik Fakultas Kedokteran Gigi

[unpad.ac.id, 30/09/2017] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad, meresmikan Masjid Al Furqon milik Fakultas Kedokteran Gigi, di komplek Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad, Jalan Sekeloa Selatan I, Bandung, Jumat (29/09).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad bersama Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes., meresmikan Masjid Al Furqon di komplek Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad, Jalan Sekeloa Selatan I, Bandung, Jumat (29/09). (Foto: Tedi Yusup)*

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Rektor dan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes., di pintu masuk utama Masjid Al-Furqon. Dalam peresmian tersebut, hadir guru besar, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa FKG Unpad, Kepala UPT Pengelolaan Lingkungan Kampus Unpad Dr. Teguh Husodo, M.Si., serta perwakilan masyarakat di sekitar RSGM FKG Unpad.

Rektor mengatakan, hadirnya Masjid Al-Furqon di FKG menjadi wahana silaturahmi baru bagi civitas academica dan tenaga kependidikan FKG Unpad. Tidak hanya itu, masjid ini juga diperuntukan bagi masyarakat di sekitar kampus FKG.

“Ini salah satu wujud nyata kita memberikan kemaslahatan bagi warga kampus dan masyarakat,” kata Rektor.

Ia pun mendorong masjid menjadi salah satu sarana mempersiapkan generasi muda di masa depan. Pembangunan sumber daya manusia yang mampu menguasai ilmu pengetahuan diharapkan dapat dilakukan melalui peran masjid. Upaya pembangunan ini merupakan salah satu pilar dari target capaian Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Senada dengan Rektor, Dr. Nina juga mengatakan, masjid menjadi media untuk membentuk kepribadian yang unggul dan sarana pengembangan kompetensi diri. Untuk itu, selain menggelar kegiatan keagamaan, Masjid Al-Furqon juga akan mendukung berbagai kegiatan akademik dan kemahasiswaan di FKG Unpad.

“Masjid ini juga akan menjadi media informasi pada saat penerimaan mahasiswa baru, khususnya FKG Unpad,” kata Dr. Nina.

Masjid ini memiliki tiga lantai. Lantai pertama terdiri dari ruangan serba guna, serta dua lantai merupakan tempat untuk beribadah. Berdasarkan estimasi, masjid ini mampu menampung sekitar 200 jamaah.

Usai melakukan peresmian, Masjid Al Furqon langsung digunakan untuk pelaksanaan Salat Jumat dengan khatib dan imam salat dilakukan oleh Rektor Unpad.*




Laporan oleh Arief Maulana

The post Rektor Resmikan Masjid Al Furqon milik Fakultas Kedokteran Gigi appeared first on Universitas Padjadjaran.