Rektor Unpad Terima Penghargaan dari RMOL Jabar

[unpad.ac.id, 29/10/2017] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menerima penghargaan Kujang Mas 2017 dari Rakyat Merdeka Online (RMOL) Jawa Barat untuk kategori Democracy Award. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi Prof. Tri dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Unpad.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menerima penghargaan Kujang Mas 2017 kategori Democracy Award dari Pemimpin Umum Rakyat Merdeka Online (RMOL) Teguh Santosa di Malam Budaya Kujang Mas 2017 di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, Jalan Asia Afrika No. 112, Bandung, Sabtu (28/10) malam. (Foto: Tedi Yusup)*

Penghargaan diberikan langsung Pemimpin Umum RMOL Teguh Santosa kepada Rektor pada acara Malam Budaya Kujang Mas 2017 di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, Jalan Asia Afrika No. 112, Bandung, Sabtu (28/10) malam. Dalam acara tersebut, Rektor didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.T., M.Si (Han), dan Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Ade Kadarisman, M.Sc., M.T.

Berdasarkan penilaian dari pihak RMOL Jabar, Prof. Tri dipandang sebagai rektor terbaik Indonesia. Menjabat sebagai Rektor sejak 2015, Prof. Tri terus melanjutkan komitmen Unpad dalam mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Jawa Barat maupun di tingkat nasional.

Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program yang digulirkan Unpad, salah satunya ialah Aliansi Strategis Unpad (ASUP) Jabar. Program ini merupakan realisasi lanjutan dari program afirmasi “Unpad Nyaah ka Jabar”. Dengan fokus meningkatkan kapasitas wilayah di Jawa Barat melalui implementasi keilmuan, Unpad kemudian melaksanakan serangkaian kerja sama dengan 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Melalui program ini pula, Unpad mendorong para guru besar aktif melakukan pengabdian ke masyarakat secara langsung. Program yang dikenal dengan nama Profesor Masuk Desa ini, para guru besar didorong mengimplementasikan berbagai hasil penelitiannya untuk diaplikasikan di masyarakat secara langsung.

Di tingkat nasional, sejak 2016 Unpad telah membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa baru program Sarjana Pendidikan Dokter dan program Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran dengan ketentuan bersedia ditempatkan di daerah ketika sudah lulus. Program ini dinilai membuka lebar kesempatan putra/putri bangsa untuk mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Usai menerima penghargaan, Rektor mengatakan bahwa penghargaan ini bukan semata bersifat pribadi, melainkan untuk Unpad sepenuhnya. Ia yakin, apa yang telah diberikan Unpad kepada masyarakat didasarkan oleh dukungan dari berbagai pihak.

“Mudah-mudahan ini menjadi pendorong dan motivasi bagi Unpad untuk dapat memberikan lebih baik kepada Jawa Barat,” kata Rektor.

Penghargaan Kujang Mas 2017 merupakan inisiasi yang dilakukan RMOL Jabar dalam memberikan penghargaan bagi kepala daerah dan tokoh masyarakat yang memiliki dedikasi kuat dalam memajukan Jawa Barat. Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan, yaitu Golden Personality, Democracy Award, dan Lifetime Achievement.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Rektor Unpad Terima Penghargaan dari RMOL Jabar appeared first on Universitas Padjadjaran.