Risa Rosalina Jadi Wisudawan Terbaik pada Wisuda Unpad Gelombang III Tahun Akademik 2017/2018

[unpad.ac.id, 5/5/2018] Risa Rosalina terpilih menjadi wisudawan terbaik Program Sarjana pada Wisuda Lulusan Gelombang III Tahun Akademik 2017/2018. Risa lulus dari program studi Sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya Unpad dengan IPK 3,96 dengan masa studi kurang dari 4 tahun. Ia diwisuda pada pelaksanaan wisuda sesi IV di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Sabtu (5/5).

Risa Rosalina, wisudawan terbaik Program Sarjana pada Wisuda Lulusan Gelombang III Tahun Akademik 2017/2018. (Foto: Tedi Yusup)*

Ditemui di Ruang Humas Unpad, Risa mengungkapkan bahwa selama kuliah, ia memang berambisi untuk mendapatkan hasil maksimal di aspek akademis. Ketika mengerjakan tugas dan ujian, ia selalu mengerjakannya sebaik mungkin. Bukan hanya untuk mengejar nilai terbaik, tetapi untuk meningkatkan pemahamannya akan ilmu yang sedang ia pelajari.

Dalam mendukung kemampuan akademiknya, Risa aktif di sejumlah kegiatan kemahasiswaan. Salah satunya, ia pernah menjadi  Ketua Departemen Keilmuan Himpunan Mahasiswa Sastra Perancis FIB Unpad.

Sejumlah prestasi pun pernah ia dapatkan, di antaranya adalah meraih juara 2 lomba membuat dan berpidato bahasa Perancis tingkat nasional pada acara “Festi France 2017” di Universitas Indonesia dan juara 2 pidato Bahasa Perancis tingkat nasional pada acara La Semaine Française 2017 di Universitas Pendidikan Indonesia.

“Saya selektif kalau pilih kegiatan, yang benar-benar ada benefit untuk akademik, ada benefit untuk softskill saya. Jadi saling mendukung dan saling berkesinambungan,” ungkap Risa.

Keberhasilan ini salah satunya juga didukung para dosen di prodi Sastra Perancis. Saat mempersiapkan naskah pidato, Risa dibantu langsung dosennya untuk mengoreksi sejumlah tata bahasanya. Tidak hanya itu, para dosen juga aktif mengomunikasikan berbagai informasi lomba kepada mahasiswanya.

Risa sendiri sudah menyukai bahasa Perancis sejak SMA. Saat itu, bukan hanya senang belajar bahasa Perancis, Risa juga beberapa kali ikut kompetisi mengenai bahasa Perancis. Karena kesukaannya itu, ia tidak memiliki beban tatkala belajar bahasa Perancis.

Ia berpendapat, belajar bahasa di Fakultas Ilmu Budaya memerlukan perjuangan tersendiri. Tidak hanya mengerjakan tugas yang diberikan dosen, ia juga wajib menghafal berbagai kata di bahasa Perancis dan mengharuskan untuk naik peringkat dalam hal kecakapan berbahasanya.

Untuk itu, Risa tidak pernah menyia-nyiakan waktu kuliahnya. Setiap minggunya, ia selalu merancang daftar target aktivitas yang akan dilakukan di setiap harinya. Kegiatan inilah yang menjadikan segala aktivitas Risa jadi terstruktur.

“Jadinya, saya gak bingung mau ngapain,” ujar Risa.

Risa menilai, ia memiliki sifat ambisius dalam mengejar mimpinya. Namun, sikap ambisius ini jangan langsung dianggap negatif. “Buat saya, sikap ambisius ini (terbilang) positif, karena tidak merugikan orang lain,” ujar Risa.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Risa Rosalina Jadi Wisudawan Terbaik pada Wisuda Unpad Gelombang III Tahun Akademik 2017/2018 appeared first on Universitas Padjadjaran.