Safari Ramadan Unpad 2018: Tingkatkan Silaturahmi Perkuat Keunggulan

[Unpad.ac.id, 8/6/2018] Selama bulan Ramadan 1439 H, Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Safari Ramadan 2018, dari 19 Mei hingga 8 Juni. Dalam kegiatan ini, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad melakukan silaturahmi ke setiap pimpinan, sivitas akademika, dan tenaga kependidikan di 16 fakultas yang ada di Unpad.

Selain bersilaturahmi, Rektor juga melakukan rapat terbatas dengan pimpinan fakultas guna menindaklanjuti berbagai program unggulan yang sudah ditetapkan. Jika setiap fakultas memiliki target program unggulan, diharapkan capaiannya dapat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja universitas.

Setiap bersilaturahmi ke tiap fakultas, Rektor didampingi pimpinan di lingkungan universitas.













Di Fakultas Hukum, program unggulan yang diusung mengangkat tema “Upholding Justice and Promoting Sustainability in Challenging Times”. Tema ini dijabarkan ke dalam aspek Tridarma pendidikan dengan mengintegrasikan pendidikan, riset, dan pengembangan masyarakat.

Di Fakultas Ekonomi, target program unggulan yang diusung fakultas adalah “FEB Unpad Digital Transformation by 2021”. Tema ini dijabarkan ke dalam program utama peningkatan kompetensi digital ekonomi dan bisnis untuk penguatan sektor industri kreatif dan ekonomi syariah.

Fakultas Kedokteran mengusung tema program unggulan “Jawa Barat Sehat Melalui Academic Health System (AHS)”. Selain integrasi pada kegiatan pembelajaran, riset translasional multi-center, implementasi program dilakukan dengan menggandeng sejumlah pemangku kepentingan lintas sektor.

Pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, tema program unggulan yang diusung adalah “Correlations for Global Challenge: Collaboration of Researches to Reach and Enhance Leaderships, Academic Transformation, and Innovations on Natural Sciences for Global Challenge”. Reorientasi kurikulum, pengejaran akreditasi internasional, dan akreditasi lab ISO 17025 merupakan beberapa program turunan dari tema utama itu.

Program unggulan Fakultas Pertanian difokuskan pada “Pengembangan Tanaman Potensial Berbasis Agrotechno-sociopreneurship (ATSP)”. Fokus ini disesuaikan dengan aktivitas penelitian yang dilakukan oleh para dosen Faperta, seperti produksi benih padi bersertifikat Ciparay, produksi benih hanjeli, produksi jagung pakan ternak umur pendek dan evergreen (kerja sama dengan Fakultas Peternakan), produksi benih ubi rambat, produksi benih kentang di dataran medium, produksi benih cabai, produksi benih stroberi introduksi Jepang dan paket teknologi, serta produksi benih tomat tanpa biji

Fakultas Kedokteran Gigi mengusung tiga program unggulan utama, yaitu: “Collaborative Project in Health Professional Education (CPHE), “Teaching, Training dan Simulation Centre in Dental Education (TSCDE)” serta perolehan capaian Padjadjaran Jurnal of Dentistry (PjoD) terindeks Scopus.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki program unggulan bertajuk “Pembaruan Tata Kelola Sumber Daya Secara Berkelanjutan dalam Kerangkat Collaborative Governance di Jawa Barat”. Program ini mengangkat dua isu utama sebagai implementasi program tersebut, yaitu kajian sungai Citarum, serta kajian dioperasikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Pada Fakultas Psikologi, program unggulan yang dilakukan diarahkan pada tema utama “Menuju Fakultas Psikologi yang Unggul dalam Asesmen dan Intervensi Psikologi berbasis teknologi di tingkat Regional “. Dua agenda utama yang dilakukan adalah peningkatan aktivitas riset yang mengarah pada dihasilkannya prototipe atau pengembangan teknologi di bidang asesmen dan intervensi teknologi, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan keunggulan program studi.

Fakultas Peternakan mengusung program unggulan bertajuk “Sustainable Livestock Technopark”. Selain pengembangan Tridarma (pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), Fapet Unpad juga berfokus pada hilirisasi hasil penelitian serta pengembangan bisnis dengan melibatkan kerja sama antar pemangku kepentingan, hingga pendampingan usaha.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan memiliki program unggulan “Pengembangan Bio-Ekoregion Jawa Barat”. Program ini diwujudkan melalui sub program berupa optimalisasi kegiatan budidaya perikanan darat dan laut dengan lokasi pengembangan di Ciparanje dan Pangandaran, serta program konservasi di pesisir selatan dan utara Jawa Barat.

Di Fakultas Teknik Geologi, program unggulan yang diusung bertajuk “World Competitive Faculty of Earth Sciences and Applied Technology Toward Environment Sustainability”. Program ini fokus pada aspek konservasi geologi dengan sub program peningkatan penelitian, pendidikan, publikasi dan pengembangan aplikasi teknologi terkait pemetaan dan pemanfaatan sumber daya di kawasan Jawa Barat yang berorientasi pada pemuliaan lingkungan, eksplorasi sumber daya air melalui penelitian transdisiplin, serta program pengabdian kepada masyarakat terkait menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Jawa Barat bagian selatan.

Sementara pada Fakultas Teknologi Industri Pertanian, program unggulan yang diusung adalah “Centre of Excellent for Transformative Technology on Local Resources Development”. Tema ini mendorong FTIP Unpad untuk menjadi pusat unggulan teknopreneurship di sektor UMKM.

Sekolah Pascasarjana memiliki arah pengembangan program unggulan berupa dorongan peningkatan prodi unggulan, penyelenggaraan kursus non formal melalui pembentukan Pusat Studi Pengelola Kursus, Kolaborasi lintas keilmuan terkait bidang lingkungan, serta peningkatan kerja sama di sektor regional dan internasional.*

am

 

 

The post Safari Ramadan Unpad 2018: Tingkatkan Silaturahmi Perkuat Keunggulan appeared first on Universitas Padjadjaran.