Satuan Penjaminan Mutu Unpad Selenggarakan Pelatihan Sertifikasi Auditor Mutu Internal (AMI) di Lingkungan Unpad

[unpad.ac.id, 18/09/2017] Keberadaan sumber daya manusia di bidang auditor perlu diperkuat untuk membantu audit mutu internal di perguruan tinggi. Audit mutu internal ini merupakan salah bentuk evaluasi internal perguruan tinggi guna mendapatkan ruang-ruang peningkatan secara berkelanjutan (continous quality improvement).

Suasana pelatihan “Pelatihan Sertifikasi Auditor Mutu Internal di Lingkungan Unpad” yang dilaksanakan Satuan Penjaminan Mutu Unpad di Ruang Auditorium Gedung Magister Manajemen Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 46, Bandung, 12 – 14 September lalu.*

Untuk itu, dalam rangka meningkatan mutu di lingkungan Universitas Padjadjaran, Satuan Penjaminan Mutu Unpad menginisiasi  “Pelatihan Sertifikasi Auditor Mutu Internal di Lingkungan Unpad” yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung Magister Manajemen Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 46, Bandung, 12 – 14 September lalu. Sebanyak 36 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan Unpad mengiktui pelatihan tersebut.

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad, Drs. Gatot Riwi Setyanto, M.Si. menjelaskan, Pemerintah menginginkan semua bidang kegiatan dilakukan secara profesional. Unpad sendiri telah mengubah OTK dalam menyikapi perubahan UU Aparatur Sipil Negara.

Salah satu perubahan terlihat dari sisi pengelolaan SDM, yaitu dengan diangkatnya berbagai jabatan fungsional tertentu bagi tenaga kependidikan dalam berbagai bidang, salah satunya Jabatan Fungsional Auditor Mutu.

“Bagi Dosen Auditor adalah sebagai tugas tambahan yang menjadi gawang di fakultas dan prodinya, sedangkan bagi tendik tidak sekadar Auditor tapi fungsionalnya harus dikejar karena ini merupakan jembatan untuk berkarir jangka panjang. Jadi harus bisa me-maintain karirnya secara serius karena ada target-target yang harus dicapai,” jelas Gatot saat membuka acara.

Sementara itu Kepala SPM Unpad, Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., mengatakan, perlu persiapan sistematis untuk mewujdukan berbagai jabatan funsgional tertentu jika melihat skema UU ASN. Ia mencontohkan, Jabatan Fungsional dalam bidang pejaminan mutu sebaiknya berada dibawah Kemenristekdikti. Hal ini untuk memudahkan  proses karier para tendik.

Lebih lanjut Dr. Funny menuturkan, dalam pelaksanaan audit di Unpad, selain didampingi Auditor dari kalangan dosen, aktivitas Asesor saat ini sudah didampingi oleh Auditor dari kalangan tenaga kependidikan. Melalui integrasi tersebut, sejak 2016, sudah ada 21 prodi berakreditasi “A”, 10 prodi tengah menunggu hasil, 14 prodi akan divisitasi, serta 76 prodi tengah dilakukan pendampingan oleh SPM Unpad.

“Mudah-mudahan dengan  adanya pelatihan ini akan lebih mantap lagi bekerja,” tandas Dr. Funny.

Adapun pemateri dalam pelatihan tersebut diantaranya Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE, MM., (Kepala Kantor Audit Internal -IPB), Dr. Funny, dan Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc., (Asesor Mutu – IPB).

Pada pelatihan hari pertama, peserta melakukan praujian, Materi Teori Kebijakan Nasional SPM PT (SPMI dan SPME), Teori Pemahaman Audit Mutu Internal, Evaluasi SPMI dan Pemetaan Mutu Berbasis BAN-PT.

Pelatihan hari kedua, peserta dihadapkan pada Materi Standar Mutu dan SOP Unpad, Praktik Evaluasi SPMI dan Pemetaan Mutu menggunakan Microsoft Excell, Presentasi Evaluasi SPMI dan Pemetaan Mutu, Pembuatan dan Praktek Instrumen Evaluasi Mutu dan Pengendalian Mutu (Program Kerja Audit/PKA).

Sementara di hari ketiga, peserta melakukan simulasi persiapan visitasi dan pelaksanaan audit pembuatan instrumen laporan AMI Perguruan Tinggi, Penjelasan Tujuan Evaluasi/Audit Mutu, Desk Evaluation, Perumusan KKA dan Persetujuan Auditi, Pembuatan Laporan Hasil Audit, Presentasi Hasil Visitas, serta pascaujian.

Peserta dibagi menjadi lima kelompok untuk melakukan audit  ke prodi  S1 Ekonomi Islam, S2 Ilmu Manajemen, S2 Ekonomi Terapan, S2 Kenoktariatan dan S3 Ilmu Hukum.

Rilis: Wati Sukmawati/SPM Unpad/am

The post Satuan Penjaminan Mutu Unpad Selenggarakan Pelatihan Sertifikasi Auditor Mutu Internal (AMI) di Lingkungan Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.