Sejarah

Sejarah Program Studi Sastra Rusia Unpad

Sejarah Program Studi Sastra Rusia Unpad

Sejarah Program Studi Sastra Rusia Unpad

Program Studi Sastra Rusia Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran mulai dikembangkan di Fakultas Sastra pada tahun 1962 bersama jurusan Sastra Jepang dan Cina, sebagai hasil integrasi dari Akademi Pendidikan Ahli Bahasa Asing (APABA). Dalam perkembangannya, Program studi (dulu disebut Jurusan) Sastra Rusia mengalami dinamika internal dan eksternal

Program Studi Sastra Rusia Fakultas Sastra Unpad kini usianya telah mencapai 50 tahun. Pada tahun 2005 Program Studi Sastra Rusia baru memperoleh Akreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) , dan berhasil memperbaiki menjadi akreditasi B dengan sertifikat akreditasi Nomor: 019/BAN-T/Ak-X/S1/VII/2007.

Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, Program Studi Sastra Rusia melaksanakan kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini menjadi landasan perumusan visi, misi, dan tujuan Program studi, sehingga dituntut agar selalu sesuai dan relevan dengan tuntutan masyarakat, dengan tetap mempertahankan fungsi utamanya sebagai lembaga penyelenggra pendidikan bahasa dan sastra Rusia. Kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang berkaitan dengan jatidiri, visi, misi, sasaran, dan tujuan Program Studi Sastra Rusia Fakultas Sastra Unpad merupakan modal dasar melaksanakan pendidikan bagi para mahasiswa.

Agar dapat tercipta pendidikan bahasa dan sastra Rusia yang ideal, maka diperlukan perangkat-perangkat yang memadai. Dosen (pengajar) merupakan poin penting. Oleh karena itu, perlu dikaji bahwa komposisi keilmuan, pengalaman pragmatik dan rasio dosen-mahasiswa, agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Meskipun dalam ukuran internasional rasio dosen mahasiswa pada bidang ilmu bahasa dianggap kurang memadai, akan tetapi dalam petunjuk DIKTI dianggap mencukupi. Dosen pengajar di program studi Sastra Rusia meliputi para pengajar lulusan S2 dan S3 baik lulusan dalam dan luar negeri. Selain itu, program studi Sastra Rusia juga memiliki native speaker, yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa asing.

TESTING

Profil Prodi

'sidebar-menu', 'container_class' => 'sidebar-menu' ) ); ?>