Sejumlah Akademisi FK Unpad Lakukan Pengabdian di Cimalaka, Sumedang

[unpad.ac.id, 18/12/2017] Sejumlah dokter dari program studi Kedokteran dan Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, yang puncaknya dilakukan pada November lalu. PKM ini merupakan aplikasi tridarma perguruan tinggi serta perwujudan dari rasa kepedulian untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan kelompok peternak kambing perah di daerah tersebut.

Salah satu aktivitas penyuluhan yang dilakukan akademisi dari program studi Kedokteran dan Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Unpad di Kecamatan Cimalaka, November lalu.*

PKM berjudul “Profil Kesehatan Peternak dan Kambing Perah Pada Kelompok Peternak di Simpay Tampomas, Cimalaka, Kab. Sumedang” ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam beberapa kali kunjungan.

Pada kunjungan pertama, dilakukan survei kondisi demografis serta pengambilan sampel dari kambing-kambing perah. Hasil di lapangan menunjukkan sejumlah kambing perah mengalami penyakit yang umum terjadi seperti diare juga skabies/kudis. Beberapa minggu setelahnya, dilakukan kunjungan kedua untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada 30 peternak yang terdiri dari pemeriksaan status gizi, kadar gula darah, serta profil darah.

Pada puncak kegiatan yang digelar Sabtu (4/11), tim PKM melakukan penyuluhan kesehatan peternak serta penjelasan secara umum mengenai hasil pemeriksaan kesehatan yang telah didapat oleh warga. Di hadapan para warga, para pemapar menekankan penjelasan praktik beternak yang baik atau good-farming practice guna meningkatkan potensi ternak di daerah tersebut dan mencegah terjadinya kerugian akibat penurunan kesehatan kambing perahnya.

Para warga serta peternak yang datang berkunjung terlihat antusias selama mengikuti rangkaian acara ini. Penyuluhan ini cukup interaktif karena melibatkan warga untuk turut berpartisipasi aktif menjawab beberapa pertanyaan dari para presentan.

Sebagai tanda terima kasih, acara berikutnya ialah penyerahan tanda mata secara simbolis Prof. drh. Hj. Roostita L. Balia, M.App.Sc., Ph.D. dan Prof. dr. Ramdan Panigoro, M.Sc., Ph.D. Pada sesi ini, acara terasa kian semarak. Terlihat dari antusiasme warga, baik orang tua maupun anak-anak, saat mengantre pembagian tas sekolah untuk anak-anak di sana. Tak lupa setelah kegiatan ini, para warga dan Tim PKM melakukan foto bersama.

Dalam kesempatan tersebut, juga terdapat sesi konsultasi hasil kesehatan individu dengan para dokter. Para warga diperbolehkan menanyakan berbagai masalah kesehatan terutama yang terkait dengan hasil pemeriksaan yang telah mereka dapatkan.

Secara keseluruhan, rangkaian acara ini berjalan dengan lancar dan diharapkan kegiatan ini secara sinergis dapat memberikan dampak positif baik bagi peternak, lingkungan, serta kambing perah mereka. *

Rilis/art

The post Sejumlah Akademisi FK Unpad Lakukan Pengabdian di Cimalaka, Sumedang appeared first on Universitas Padjadjaran.