“Student Festival” Ajak Mahasiswa Baru Unpad Kenali Potensi Diri

[unpad.ac.id, 28/8/2018] Mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan Student Festival sebagai bagian dari rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus Jatinangor, Selasa (28/8). Kegiatan ini menampilkan beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi kemahasiswaan yang ada di Unpad.

Mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2018/2019 sedang mengunjungi stan Unit Kegiatan Kemahasiswaan dalam kegiatan kegiatan Student Festival sebagai bagian dari rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru di kampus Jatinangor, Selasa (28/8). (Foto: Arief Maulana)*

Menurut Project Officer Prabu 2018 Ardi Arfikri Arbar, kegiatan Student Festival betujuan mengenalkan berbagai elemen yang ada di Unpad. Mahasiswa baru diharapkan dapat mengetahui beragam aktivitas kemahasiswaan sebagai wahana pengembangan diri.

“Tahun ini konsepnya lebih free dan fun, karena selain ada stand juga ada penampilan di setiap venue,” ujar Arbar.

Arbar juga menjelaskan, lokasi Student Festival dibagi berdasarkan ciri khas UKM dan organisasi kemahasiswaannya. Sebagai contoh, kelompok UKM olahraga ditempatkan di satu lokasi tertentu. Di setiap lokasi, juga disediakan panggung sebagai wahana unjuk kebolehan setiap UKM dan organisasi kemahasiswaan.

Selain itu, panitia juga menyediakan satu layar yang akan menampilkan video profil setiap UKM. Ini dilakukan agar mahasiswa baru yang tidak sempat mengunjungi stan bisa mengenal setiap UKM dan lembaga kemahasiswaan.

“Hal itu dilakukan agar mereka bisa mengenalkan diri mereka kepada Pramuda (istilah mahasiswa baru, red) tidak hanya melalui stand, tetapi juga tentang inilah yang kami lakukan,” jelas Arbar.

Dengan adanya kegiatan Student Festival ini, Arbar berharap mahasiswa baru bisa mencintai kampusnya, tidak hanya di tingkat fakultas dan jurusan namun juga universitas. Ia juga berharap mahasiswa baru bisa menggali potensi yang bisa disalurkannya melalui kegiatan di luar perkuliahan.

“Saya ingin Pramuda itu kenal dan memahami bahwa ini loh yang kampus gue punya, ini loh UKM yang ada di Unpad, dan sebagai macamnya,” kata mahasiswa Hubungan Internasional tersebut.

Sri Rahmawati, salah satu mahasiswa baru dari Fakultas Ilmu Budaya, mengatakan bahwa kegiatan Student Festival berlangsung seru. Mahasiswa program studi Sastra Sunda tersebut tertarik bergabung dengan UKM Lingkung Seni Sunda (Lises) karena ingin melestarikan kebudayaan Sunda.

Pengen mendalami budaya Sunda, karena lahir dari tanah Sunda ‘kan. Udah mulai berkurang juga yang pengen belajar budaya Sunda dan pengen ngebuktiin kalo kita tuh punya budaya sendiri yang nggak kalah sama budaya asing,” ujarnya.

Selain itu, Rio, mahasiswa baru prodi Agroteknologi, juga mengaku menikmati rangkaian acara Student Festival.

“Seneng pas ngeliat paradenya, jadi tau ada UKM-UKM apa aja di Unpad,” kata Rio.












 

Sebelumnya, ada juga penampilan dari beberapa UKM, di antaranya; Gelanggang Seni Sastra dan Film, Lises, Paduan Suara Mahasiswa Unpad, dan lain-lain.

“Penampilan PSM itu keren dan memesona. Gak pernah sebelumnya ngeliat paduan suara sekeren itu,” ujar Yuna, mahasiswa baru prodi Hubungan Masyarakat.

Secara keseluruhan, Arbar menyampaikan bahwa kegiatan Student Festival ini menitikberatkan pada eksplorasi dan gerak mahasiswa baru. “Mereka diberi kesempatan untuk bergerak lama dan bebas, sekarang kita bebaskan mereka untuk mengeksplorasi diri mereka sendiri supaya mereka gak bosan,” papar Arbar.*

Laporan oleh Erlangga Pratama dan Luke Andaresta/am

Foto oleh Tedi Yusup dan Arief Maulana

The post “Student Festival” Ajak Mahasiswa Baru Unpad Kenali Potensi Diri appeared first on Universitas Padjadjaran.