Teknik Elektro Unpad Pasang Lampu PJU Tenaga Surya di Desa Naluk, Sumedang

[unpad.ac.id, 18/12/2018] Mahasiswa dan dosen program studi Teknik Elektro Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran memasang dua unit lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di jalan Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Sabtu (15/12) lalu.

Program studi Teknik Elektro Universitas Padjadjaran melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memasang dua unit lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di jalan Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Sabtu (15/12) lalu.*

Pemasangan lampu PJU ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Teknik Elektro Unpad. Sebanyak 41 mahasiswa Teknik Elektro dan 5 mahasiswa dari prodi lainnya di lingkungan Unpad mengikuti kegiatan pengabdian ini.

Jalan sepanjang Desa Naluk merupakan jalan alternatif yang kerap dilalui. Sayangnya, jalan ini tidak memiliki penerangan memadai sehingga rawan kecelakaan dan kriminalitas. Kondisi ini mendorong prodi Teknik Elektro Unpad melakukan pengabdian di wilayah tersebut.

Berdasarkan rilis yang diterima Humas Unpad, tim PKM Teknik Elektro disambut baik oleh para perangkat desa. Kepala Desa Naluk H.Sutia Surartiana menyampaikan terima kasih atas upaya Teknik Elektro Unpad dalam memasang lampu PJU di desanya.

“Sepanjang  jalan tersebut akan dibuatkan kawasan wisata yang dikelola oleh warga. Mudah mudahan dengan diterangi jalan tersebut akan banyak pengguna jalan yang mampir ke kawasan wisata tersebut sehingga pendapatan warga semakin meningkat,” kata Sutia.

Pemasangan lampu PJU ini juga diapresiasi anggota Komisi VIII DPR RI Lilis Santika saat berkunjung ke Desa Naluk, Sabtu (15/12) malam. Ia menilai, lampu penerangan jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat Desa Naluk.

Selain memasang lampu tenaga surya, tim PKM juga menggelar pelatihan energi terbarukan, Minggu (16/12). Melalui pelatihan ini, masyarakat didorong untuk membuka wawasan tentang instalasi listrik yang aman, budaya hemat energi, dan mengenalkan perangkat komputer.*

Rilis/am

The post Teknik Elektro Unpad Pasang Lampu PJU Tenaga Surya di Desa Naluk, Sumedang appeared first on Universitas Padjadjaran.