Terintegrasi Riset dan PPM Dosen, KKN Unpad Akan Digelar Maret hingga Juli 2018

[unpad.ac.id, 27/3/2018] Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran untuk semester genap 2017/2018 akan dilaksanakan pada Maret hingga Juli 2018. Kegiatan KKN ini terintegrasi dengan implementasi hibah program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang dilakukan para dosen pada bulan Maret hingga November mendatang.

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., saat menjelaskan terkait pelaksanaan KKN kepada para dosen di Bale Santika Unpad, Jatinangor, Senin (26/3). (Foto: Tedi Yusup)*

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., mengatakan, dosen yang mendapat hibah PPM merupakan dosen yang mendapat hibah internal riset tingkat universitas. Riset yang dijalankan dalam hibah tersebut harus sejalan dengan program hibah PPM-nya.

Saat menjelaskan terkait pelaksanaan KKN kepada para dosen di Bale Santika Unpad, Jatinangor, Senin (26/3), Prof. Wawan mengatakan, para dosen yang mendapat hibah ditetapkan menjadi dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN. Namun, tidak semua dosen yang mendapat hibah PPM diangkat menjadi DPL KKN.

“Untuk KKN ini, kita pilih dosen yang memiliki riset dan pengabdian di sekitar kampus Unpad, baik di Jatinangor, Pangandaran, Garut, dan Arjasari,” ujar Prof. Wawan.

Program KKN ini memiliki masa waktu 14 minggu dengan beban studi 3 SKS. Maka setiap minggunya, KKN dilaksanakan sekitar 8 – 9 jam. Prof. Wawan mengatakan, pihaknya menyerahkan mekanisme pelaksanaan KKN kepada tiap-tiap dosen.

“Pelaksanaan KKN jangan mengganggu waktu kuliah. Silakan dosen yang atur yang penting SKS-nya terpenuhi,” tambah Prof. Wawan.

Setiap kelompok KKN akan diisi oleh 10 sampai 11 mahasiswa dari lima program studi. Mekanismenya, mahasiswa mendaftar dengan memilih judul dan lokasi PPM yang tertera di laman students.unpad.ac.id. Jika menemukan judul yang sesuai, mahasiswa tinggal mendaftarnya.

Selanjutnya, dosen menyeleksi daftar nama mahasiswa yang mendaftar hingga berjumlah maksimal 11 mahasiswa dari 5 program studi yang berbeda. Penyeleksian peserta KKN diutamakan berdasarkan penilaian sikap, intensitas, karakter, serta kedisiplinan mahasiswa.

Setelah mendapatkan 11 mahasiswa peserta, dosen diberikan wewenang untuk melakukan pertemuan, menjelaskan mekanisme KKN dan riset yang dijalankan, hingga mengatur pelaksanaan KKN.

Adapun luaran dari pelaksanaan KKN ini adalah menghasilkan proposal perencanaan PPM untuk tahun depan.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Terintegrasi Riset dan PPM Dosen, KKN Unpad Akan Digelar Maret hingga Juli 2018 appeared first on Universitas Padjadjaran.