Tiga Mahasiswa Teknik Elektro Unpad Raih Juara di Telkom University IoT Competition 2017

[unpad.ac.id, 27/10/2017] Tiga mahasiswa Teknik Elektro Universitas Padjadjaran, Aldo Wista Fadhilah, Aldi Wista Fadhilah, dan Faatih Rifqi Muqaffi meraih juara tiga di ajang Telkom University IoT Competition 2017, di kampus Telkom University, Bandung, 23 – 24 Oktober lalu.

Tiga mahasiswa Teknik Elektro Universitas Padjadjaran meraih juara tiga di ajang Telkom University IoT Competition 2017, di kampus Telkom University, Bandung, 23 – 24 Oktober lalu.*

Aldo dan tim berhasil meraih juara dalam kompetisi yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dalam kompetisi tersebut, ketiganya membawakan proposal konsep “Smart Tambak”, cara cerdas beternak ikan dengan konsep Internet of Things. Demikian dijelaskan dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Konsep inovasi perikanan berbasis teknologi informasi ini diharapkan dapat membantu petambak, khususnya pembudidaya ikan dengan media keramba jaring apung dalam meningkatkan produksinya.

Tiga mahasiswa tersebut mengikuti serangkaian seleksi kompetisi, mulai dari seleksi proposal hingga tahap presentasi (final). Dari 80 proposal yang diseleksi di tahap pertama, mereka berhasil lolos ke dalam 10 besar tim yang berhak mengikuti tahap presentasi.

Kesepuluh tim tersebut diantaranya Unpad, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Negeri Malang, serta dua tim dari Telkom University.

Setelah melewati tahap presentasi, tim juri memutuskan Unpad keluar sebagai juara ketiga. Adapun juara pertama dan kedua diraih tim Universitas Negeri Malang dan Universitas Sebelas Maret.

Ajang Tel-U IoT Competition merupakan kompetisi tingkat nasional pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan, smart building, smart city, transportasi, pertanian, kebencanaan, logistik, dan pariwisata. Kompetisi ini mengangkat tema “toward the future communication technology”.

Diikuti oleh sejumlah peserta kategori SMA dan perguruan tinggi, kompetisi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan teknologi internet of things di Indonesia.*

Rilis: Teknik Elektro Unpad/am

The post Tiga Mahasiswa Teknik Elektro Unpad Raih Juara di Telkom University IoT Competition 2017 appeared first on Universitas Padjadjaran.