Unit Perisai Diri Unpad Raih Emas di Kompetisi Putra Sunda Cup IV

[unpad.ac.id, 2/02/2018] Unit Perisai Diri Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara umum 3 dengan memperoleh 2 emas dan 1 perunggu pada kompetisi Putra Sunda Cup IV 2018, di Universitas Sebelas April, Sumedang 19-21 Januari 2018 lalu.

Tim unit Perisai Diri Universitas Padjadjaran meraih juara umum 3 dalam kompetisi Putra Sunda Cup IV 2018 di Universitas Sebelas April, Sumedang, 19 – 21 Januari lalu. Dalam kompetisi tersebut, tim berhasil memperoleh 2 emas dan 1 perunggu.*

Medali emas diraih oleh Dhila Gania Raras dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Sopa Samrotul Paujah dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian, sedangkan medali perunggu diraih Jaka Komara Nurrohman dari Fakultas Ilmu Budaya.

Putra Sunda Cup merupakan kompetisi tahunan yang diikuti oleh sejumlah perguruan pencak silat se-Kabupaten Sumedang. Tahun ini, Perisai Diri Unpad mengirimkan 3 perwakilan mahasiswa terpilih untuk mengikuti kompetisi tersebut. Sopa bertanding di Kelas A Putri, Dhila di Kelas B Putri, dan Jaka di Kelas D Putra.

Sebelum mengikuti kompetisi, ketiganya mengikuti latihan intensif bersama pelatih selama 2 minggu. “Latihan tanding, latihan fisik, latihan teknik, latihan pernafasan,” ungkap Dhila saat ditemui di Ruang Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (1/02).

Sementara itu, Sopa mengakui jika prestasi dapat diraih dengan latihan yang serius. Selain latihan, kunci sukses prestasi di pencak silat menurut Sopa adalah menjaga stamina dan kesehatan, serta berdoa.

Alhamdulillah bersyukur masih diberi kesempatan buat juara. Jangan pernah merasa puas dan harus banyak belajar lagi,” ujar Sopa.

Ke depannya, mereka pun mengharapkan Perisai Diri Unpad akan lebih banyak lagi meraih prestasi, baik nasional maupun internasional. Motivasi latihan pun harus semakin ditingkatkan. “Unpad memiliki potensi yang bagus,” ungkap Dhila.

Perisai Diri kerap mengikuti kompetisi dan meraih juara. Salah satu prestasi tingkat internasional  yang Dhila raih yaitu menjadi First Winner of Artistic Female team Original Technique in 9th Perisai Diri International Championship 2017 di Universitas Brawijaya pada Oktober hingga November 2017 lalu. Selain itu, Dhila juga meraih Perak di Kejuaraan Nasional Piala Presiden 2017.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

The post Unit Perisai Diri Unpad Raih Emas di Kompetisi Putra Sunda Cup IV appeared first on Universitas Padjadjaran.