Unpad Buka Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Dosen Hingga Juli 2017

[unpad.ac.id, 19/06/2017] Untuk mengetahui dan meningkatkan derajat kesehatan para dosen, Universitas Padjadjaran melalui Pusat Studi Kardiovaskular Fakultas Kedokteran memfasilitasi para dosen untuk melakukan Medical Check Up secara gratis. Sejak digelar pertengahan Mei 2017 lalu, baru sekitar 25% dosen yang telah mengikutinya.

Kepala Pusat Studi Kardiovaskular FK Unpad, Prof. Dr. Ambrosius Purba, dr., MS., AIFO., saat memaparkan pentingnya medical check up pada acara Penyerahan, Sosialisasi, dan Konsultasi hasil Medical Check Up Dosen Universitas Padjadjaran di Bale Rumawat Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (19/06). (Foto: Arief Maulana)*

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Drs. Gatot Riwi Setyanto, M.Si. mengharapkan bahwa kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari para dosen. Selain dosen, direncanakan kedepannya medical check up secara gratis juga akan dilakukan untuk para tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

“Tujuannya memberikan pengetahuan, minimal tentang dirinya, sudah seperti apa kondisi kesehatannya. Kedua, juga menjadi masukan bagi institusi,” ujar Gatot saat ditemui usai acara Penyerahan, Sosialisasi, dan Konsultasi hasil Medical Check Up Dosen Universitas Padjadjaran di Bale Rumawat Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (19/06).

Menurut Gatot, dengan mengetahui kondisi kesehatan para staf Unpad, dapat memudahkan institusi untuk membantu mencari jalan keluar jika ditemukan permasalahan pada kesehatan para staf. Diharapkan, hasil tersebut juga dapat berkontribusi pada kemajuan institusi.

Penyerahan hasil cek kesehatan para dosen yang mengikuti pada Mei 2017 lalu dilaksanakan dalam dua hari, yaitu Senin (19/06) di Bale Rumawat, dan Selasa (20/16) besok di Bale Rucita Unpad kampus Jatinangor. Sementara bagi para dosen yang belum mengikuti medical check up, dapat mengikutinya mulai Juli 2017 mendatang. Tes kesehatan ini meliputi tes fisik dan psikologis dalam suatu pendekatan holistik. Selain tim dari FK Unpad, kegiatan ini juga melibatkan tim dari Fakultas Psikologi Unpad.

“Semoga ke depan misi Unpad untuk sehat jasmani dan rohaninya bisa terwujud,” harap Gatot.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Kardiovaskular FK Unpad, Prof. Ambrosius Purba menekankan pentingnya medical check up dan pola hidup sehat untuk mencapai kondisi fisik dan kebugaran yang baik. Pola hidup sehat meliputi olah raga teratur dan terukur, asupan gizi seimbang, serta kondisi psikologis yang sehat. Menurut Prof. Purba, dengan medical check up, datangnya penyakit dapat dicegah.

“Dalam upaya pencegahan penyakit di Unpad, dilakukan medical check up bagi dosen Unpad,” ujar Prof. Purba.

Dengan adanya hasil medical check up, diharapkan dapat mendorong para dosen untuk hidup lebih sehat. “Dan nanti kita mencari solusi untuk itu,” harapnya.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Unpad Buka Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Dosen Hingga Juli 2017 appeared first on Universitas Padjadjaran.