Unpad dan KPU Jawa Barat Sosialisasikan Pilgub Jabar ke Masyarakat Adat

[unpad.ac.id, 9/4/2018] Universitas Padjadjaran bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menggelar serangkaian pentas seni dan budaya dalam rangka sawala (diskusi) Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Kegiatan tersebut digelar di Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Tambaksari, Ciamis, Minggu (8/4).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.H., S.Sos., M.Si., dalam acara Sawala Pilgub Jabar 2018 di Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Tambaksari, Ciamis, Minggu (8/4). Kegiatan ini digelar sebagai implementasi kerjasama Unpad dan KPU Jawa Barat dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Jawa Barat.*

Komisioner KPU Jawa Barat Nina Yuningsih mengatakan, kehadiran KPU Jabar bersama Unpad adalah ingin berbagi informasi terkait pilgub Jabar maupun pilkada di Kabupaten ciamis. “Masyarakat harus mengetahui pasangan calon yang bertarung dalam pilkada. Tidak hanya tahu nama, melainkan mengetahui program-program yang ditawarkan pasangan calon,” tutur Nia seperti dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Acara sawala ini dikemas dengan pertunjukan seni dan budaya. Saat pertama kali tiba di Kampung Kuta, rombongan KPU dan Unpad pun telah disambut dengan kesenian Dog Dog Rengkong. Sawala juga semakin meriah dengan terlihatnya antusiasme masyarakat dalam menjawab berbagai pertanyaan seputar pilkada yang dilontarkan pihak Unpad dan KPU.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, gelaran sawala yang bekerjasama dengan KPU Jawa Barat ini merupakan bentuk konkret keterlibatan Unpad dalam membangun masyarakat Jawa Barat. Di sisi lain, sawala ini tidak hanya menyosialisasikan pilgub dan pilkada, tetapi sebagai media silaturagmi dengan masyarakat di Kampung Adat Kuta.

Ia pun mengharapkan, penyelenggaraan pilgub Jabar dapat melahirkan pemimpin yang benar-benar diiinginkan masyarakat serta mampu meningkatkan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. “pilihlah pemimpin sesuai hati nurani yang dirasa dapat memberikan manfaat bagi kemajuan Jawa Barat, kususnya bagi masyarakat komunitas budaya kampung Adat Kuta,” pesan Dr. Dadang.

Sebelumnya, sawala pilgub Jabar juga digelar di Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar, Desa Sinar Resmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (24/3) dan di masyarakat adat Kasepuhan Urug, Desa Urug Kec. Sukajaya kab. Bogor, Minggu (25/3).

Komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdulhaq saat memberikan sambutan di Ciptagelar menyampaikan, masyarakat adat memiliki andil besar sebagai pemilih pada pemilihan gubernur mendatang.

“KPU Jabar merasa memiliki kepentingan untuk dapat mentransformasikan ilmu pengetahuan lokalitas masyarakat adat Ciptagelar yang memiliki potensi kegotongroyongan, kebersamaan, dan konsisten dalam melaksanakan adat kebiasaan. Apabila diterapkan dan dikaitkan dalam kegiatan Pilgub Jabar tidak akan terjadi konflik dengan masyarakat lainnya,” papar Endun.

Kegiatan Sawala Pilgub Jabar 2018 merupakan suatu bentuk komitmen pemerintah dan akademisi Jawa Barat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya tanpa ada diskriminasi.*

Rilis: Fikom Unpad/am

The post Unpad dan KPU Jawa Barat Sosialisasikan Pilgub Jabar ke Masyarakat Adat appeared first on Universitas Padjadjaran.