Unpad Jalin Kerja Sama dengan Dua Institusi Arbitrase Nasional

[unpad.ac.id, 4/3/2019] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan dua institusi arbitrase nasional. Dua lembaga tersebut yaitu Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan Institut Arbiter Indonesia (Iarbi).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani Nota Kesepahaman dengan Ketua Badan Arbitrase Nasional Indonesia M. Husseyn Umar, S.H., FCBArb., FCIArb., i Auditorium Tommy Koh Mochtar Kususmaatmadja Gedung 3 Fakultas Hukum Unpad, Jatinangor, Senin (4/3). (Foto: Tedi Yusup)*

Kerja sama Unpad dan BANI ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Ketua BANI M. Husseyn Umar, S.H., FCBArb., FCIArb. Sementara penandatanganan Nota Kesepahaman Unpad-Iarbi dilakukan Rektor dengan Ketua Iarbi Ir. Agus G. Kartasasmita, M.H., FCIArb.

Penandatanganan dua Nota Kesepahaman tersebut digelar di Auditorium Tommy Koh Mochtar Kususmaatmadja Gedung 3 Fakultas Hukum Unpad, Jatinangor, Senin (4/3). Dalam acara tersebut, turut hadir sejumlah pimpinan Unpad, Dekan FH Unpad Prof. Dr. An an Chandrawulan dan pimpinan FH, serta mahasiswa FH Unpad.

Rektor mengatakan, kerja sama ini diharapkan menjadi peluang Unpad untuk lebih kontributif dalam menyelesaikan tantangan bangsa. “Kami pun berharap dengan akses kami terhadap dua institusi ini bisa mendapatkan material untuk pengembangan ilmu sendiri atau strategi-strategi,” kata Rektor.

Ia pun menitip pesan kepada FH Unpad untuk menghasilkan lebih banyak penelitian lewat kerja sama dengan dua institusi ini. “Bukan hanya target untuk publikasi. Tapi lebih pada target bagaimana menghasilkan strategi baru untuk menghadapi tantangan,” imbuhnya.

Sementara itu, M. Husseyn Umar mengatakan, kerja sama ini akan mendorong perguruan tinggi lebih aktif dalam kegiatan arbitrase di lapangan. Ruang kerja BANI tidak hanya melibatkan praktisi arbiter, tetapi juga kaum akademisi dan segala macam profesi di luar ahli hukum.



“MoU dan perjanjian ini diharapkan dapat diterapkan dan menambah pengetahuan,” kata Husseyn.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan FH Unpad Prof. Dr. An an Chandrawulan dengan Ketua BANI M. Husseyn Umar. Usai penandatanganan, acara dilanjutkan dengan studium generale oleh M. Husseyn Umar.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Unpad Jalin Kerja Sama dengan Dua Institusi Arbitrase Nasional appeared first on Universitas Padjadjaran.