Unpad Jalin Kerja Sama dengan Gachon University Gil Medical Center Korea Selatan

[unpad.ac.id, 28/09/2017] Dalam upaya pemanfaat teknologi informasi untuk peningkatan layanan kesehatan masyarakat, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani naskah kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Presiden Gachon University Gil Medical Center Gun Lee.

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani naskah kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Preisden Presiden Gachon University Gil Medical Center Gun Lee, di Kantor Gachon University Gil Medical Center, Korea Selatan, Rabu (27/09). Dalam penandatanganan tersebut, turut hadir Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Ir. Rudiantara, MBA. (Foto: Istimewa)*

Penandatanganan dilakukan di kantor Gachon University Gil Medical Center, Korea Selatan, Rabu (27/09). Acara penandatanganan ini dilakukan di sela lawatan Rektor ke Korea Selatan untuk mengikuti ITU Telecom World 2017, 25 – 28 September.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki program studi bidang kesehatan, Unpad memiliki peran meningkatkan sektor pengobatan dan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya di Jawa Barat.

“Guna mendukung program pemerintah, dimana pada 2019 jaminan asuransi kesehatan harus meliputi seluruh penduduk, Unpad harus berkolaborasi dan mengembangkan jaringan secara internasional guna peningkatan kualitas kapasitas pelayanan dan standar kesehatan masyarakat,” ujar Rektor dikutip dari laman Kumparan.

Didukung Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Ir. Rudiantara, MBA, yang juga hadir dalam acara tersebut, kerja sama Unpad dengan Gil Medical Center ini diharapakan menjadi prototipe pengembangan kualitas bagi pusat layanan kesehatan di Indonesia. Berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang dikelola Unpad harus terintegrasi dengan teknologi informasi.

Rudiantara mengatakan, upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat Indonesia menjadi prioritas pemerintah saat ini. Ia menilai, kerja sama yang dibangun Unpad dan Gil Medical Center dapat mendukung prioritas tersebut.

“Unpad dan Gil Medical Center memiliki track record yang sangat baik. Saya yakin dapat mendukung program pemerintah dalam menciptakan layanan kesehatan bagi masyarakat secara komprehensif,” kata Rudiantara.

Di sisi lain, kerja sama ini diharapkan dapat terjalin berbagai aktivitas lebih erat untuk memperkuat kapasitas dan bobot kedua institusi ke depannya.

Sementara itu, Gun Lee mengatakan, Gil Medical Center merupakan satu dari empat institusi medis yang telah mendapatkan akreditasi dari Pemerintah Korea Selatan sebagai Excellent Hospital Serving Foreign Patients. Memiliki rekam jejak yang baik, institusi ini dinobatkan sebagai rumah sakit terbesar kelima dan terbaik ketiga sebagai rumah sakit riset di Korea Selatan.

Keunggulan lain, insitusi ini menjadi institusi medis pertama yang mengoperasikan pelayanan medical helicopter. Didukung Gachon University dan BioNano Research Institute, Gil Medical Center menjadi “Comprehensive Medical Complex” yaitu integrasi aktivitas pengobatan, penelitian dan pendidikan dalam satu tempat.

“Kami bukan hanya dikenal sebagai the First Regional Emergency Medical Center and Trauma Center, tapi juga yang pertama ditunjuk oleh pemerintah sebagai Cancer Center di antara Rumah Sakit Universitas Swasta di Korsel,” ujar Gun Lee.*

Rilis/am

 

 

The post Unpad Jalin Kerja Sama dengan Gachon University Gil Medical Center Korea Selatan appeared first on Universitas Padjadjaran.