Unpad Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah

[unpad.ac.id, 21/11/2017] Universitas Padjadjaran memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Bupati Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Saleh, M.M., di ruang Executive Lounge Gedung 2 Lantai 2 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (21/11).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad usai melakukan penandatanganan Kesepahaman Bersama dengan Bupati Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Saleh, M.M., di ruang Executive Lounge Gedung 2 Lantai 2 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (21/11). (Foto: Tedi Yusup)*

“Sekarang kegiatannya sudah berjalan, kita tinggal memayungi lebih kuat lagi agar dapat bergulir kegiatan-kegiatan lain yang nanti dapat kita sinergikan, atau kita perluas dengan lebih baik,” ujar Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Ibnu Saleh mengungkapkan bahwa kerja sama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dengan Unpad  telah lama dilakukan. Dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama ini, diharapkan kegiatan kerja sama akan diperluas, khususnya terkait pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Sumber daya manusia yang ingin dikembangkan diantaranya adalah di bidang perikanan dan kelautan. Untuk itu, diharapkan kerja sama secara khusus dapat dilakukan dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad. “Karena potensi laut kami belum banyak kami sentuh,” ujar Ibnu.

Senada dengan Ibnu, Rektor mengungkapkan bahwa penguatan sumber daya manusia sangat penting dilakukan. Dengan sumber daya manusia yang kuat, diaharapkan akan berdampak positif pada pembangunan daerah.

“Dengan human capital yang kuat, yakin kita dapat mengembangkan berbagai hal. Terutama mengoptimalkan sumber daya lain yang kita miliki,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, Unpad senantiasa melakukan pendekatan pentahelix dalam menjalankan aktivitasnya.  Dengan demikian, saat Kesepakatan Bersama ini ditandatangani, kolaborasi bukan hanya akan dilakukan oleh Unpad dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, tetapi juga dengan berbagai partner dari kedua belah pihak. Dikatakan Rektor, salah satu keberhasilan perguruan tinggi adalah adanya manfaat bagi pengembangan wilayah.

“Saat MoU ini ditandatangani berarti menjadi pintu masuk bukan hanya dengan Unpad, tetapi  juga dengan berbagai kapasitas yang kami miliki atas partner-partner kami  lainnya,” ujar Rektor.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Unpad Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah appeared first on Universitas Padjadjaran.