Unpad Jalin Kerja Sama dengan Tokai University Kyushu Campuses, Jepang

[unpad.ac.id, 10/12/2018] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Tokai University Kyushu Campuses (TUK), Jepang. Kerja sama dilakukan untuk penguatan aktivitas akademik antara Unpad dan TUK.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani MoU dengan Executive Manager Tokai University Kyushu Campuses Prof. Dr. Tomohiro Araki di ruang rapat Tokai University Kampus Kumamoto, Kyushu, Jepang, Sabtu (8/12) lalu.*

Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Executive Manager TUK Prof. Dr. Tomohiro Araki di ruang rapat Tokai University Kampus Kumamoto, Kyushu, Jepang, Sabtu (8/12) lalu. Selain Rektor, delegasi Unpad yang hadir yaitu Wakil Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Denny Kurniadie dan Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Prof. Dr. Budi Setiabudiawan.

Salah satu kerja sama yang telah berjalan antara Unpad dan TUK adalah upaya peningkatan produksi, pengolahan, dan pengembangan produk stroberi di Jawa Barat sejak 2017. Dalam hal ini, Dekan Sekolah Administrasi Bisnis TUK Prof. Hitoshi Kinouchi melalui “The Kinouchi Farm” dipercaya untuk melakukan pembinaan terhadap sektor pertanian stroberi di Jawa Barat.

Melalui program yang difasilitasi Japan International Cooperation Agency (JICA), TUK telah merangkul sejumlah pemangku kepentingan di Jawa Barat. Pihak akademisi yang terlibat berasal dari Unpad dan Institut Pertanian Bogor.

Lewat kerja sama rintisan tersebut, Unpad dan TUK sepakat untuk menjalin kerja sama di berbagai sektor lainnya. Dalam naskah MoU tersebut dijelaskan, rencana kerja sama lainnya meliputi: program pelatihan, kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa dan dosen, hingga penyelenggaraan seminar, lokakarya, dan rapat kerja bersama.

Selain dengan Unpad, dalam kesempatan tersebut, TUK juga menjalin kerja sama dengan IPB.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Unpad Jalin Kerja Sama dengan Tokai University Kyushu Campuses, Jepang appeared first on Universitas Padjadjaran.