Unpad Selenggarakan Silaturahmi dengan Orang Tua Mahasiswa Baru

[unpad.ac.id, 18/08/2017] Untuk memperkenalkan Universitas Padjadjaran khususnya fakultas dan program studinya kepada para orang tua/wali mahasiswa baru, Jumat (18/8) ini digelar silaturahmi dengan para orang tua/wali  dengan jadwal dan lokasi yang telah ditentukan di Kampus Unpad, Jatinangor. Sementara itu, silaturahmi orang tua/wali mahasiswa baru Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Pangandaran diselenggarakan di Kampus Pangandaran pada hari yang sama.

Suasana silaturahmi Dekan dan jajarannya dengan para orang tua/wali mahasiswa baru Fakultas Hukum di kampus Unpad, Jatinangor, Jumat (18/8). (Foto: Tedi Yusup)

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menyampaikan dalam sambutannya bahwa Universitas Padjadjaran berterima kasih dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh para orang tua/wali untuk dapat mendidik putra/putrinya di kampus Unpad ini.

“Dengan keketatan masuk Unpad yang sangat tinggi, ini menunjukkan bahwa putra/putri Bapak/Ibu sekalian merupakan putra/putri terpilih karena melalui seleksi yang begitu ketat. Kami berkeyakinan bahwa pilihan itu jatuh ke Unpad karena dasar-dasar yang dapat dipertanggungjawabkan, salah satunya kami yakin karena Bapak/Ibu sekalian atau putra putrinya memperhatikan betul mutu yang memang kami tawarkan atau kami pelihara selama ini dalam menjalankan proses pendidikan,” ujar Rektor.

Secara umum Rektor juga menyampaikan gambaran fasilitas dan aktivitas pendidikan Unpad saat ini, baik di sekitar kampus utama maupun di luar kampus utama, yaitu kampus Pangandaran dan Garut.

Dari sisi riset, Rektor juga menyampaikan bahwa hal tersebut menjadi catatan penting bagi Unpad sebagai andalan untuk mendorong pembangunan melalui produk riset para dosennya.

“Nah, proses ini tentunya akan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat jika perguruan tinggi mampu hadir langsung di tengah masyarakat. Untuk itu dalam beberapa tahun ini Unpad berkomitmen menyelenggarakan berbagai proses pendidikan tingginya ini langsung bersentuhan dengan masyarakat,” lanjut Rektor.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga menegaskan kembali komitmen Unpad yaitu tidak boleh ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena permasalahan ekonomi. Dengan dasar itulah Unpad menyediakan berbagai beasiswa. Rektor juga menghimbau kepada para orang tua/wali yang memiliki kelonggaran dalam aspek ekonomi dalam hal rezeki, dapat turut memberikan bantuan kepada para mahasiswa yang kurang beruntung dari sisi ekonominya.

“Jika Bapak/Ibu sekalian juga berlapang dari sisi rejeki, ini adalah lahan amal. Silakan Bapak/Ibu sekalian memberikan sumbangan tambahan lewat dana sumbangan pembangunan atau sumbangan pendidikan yang dapat diketahui oleh Dekan masing-masing,” tuturnya.








Komitmen lain yang disampaikan Rektor adalah pengembangan berbagai inovasi di aspek pendidikan. Salah satunya dengan implementasi pendidikan transformatif yang membawa langsung proses pendidikan untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat. Di sisi lain, Unpad juga memegang teguh prinsip-prinsip akademik untuk dapat memberikan maslahat melalui penerapan Pola Ilmiah Pokok Unpad yaitu Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam pembangunan nasional.

Melalui pertemuan ini Rektor juga berharap para orang tua/wali memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenal lebih dekat kampus yang akan menjadi tempat putra/putrinya menimba ilmu. Orang tua juga diharapkan dapat memberikan monitoring dan umpan balik untuk bisa membawa kampus ini lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan silaturahmi ini juga diisi dengan pemaparan dari Dekan fakultas masing-masing dan pengenalan program studi serta kunjungan ke fasilitas kampus.*
 

Laporan oleh: Marlia

The post Unpad Selenggarakan Silaturahmi dengan Orang Tua Mahasiswa Baru appeared first on Universitas Padjadjaran.