Usung Kampanye Cegah “Hoaks”, Dua Mahasiswa Fikom Unpad Juara Lomba PR Program Aspikom

[unpad.ac.id, 29/03/2018] Putri Salma Suhardi dan Rianto, dua mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara ke-2 pada lomba Public Relations Program yang diadakan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom).

Rianto dan Putri Salma Suhardi.*

Kompetisi untuk mahasiswa ilmu komunikasi se-Indonesia ini diadakan bertepatan dengan acara Jambore Nasional Komunikasi 2018 di Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Selasa (27/03).

Kompetisi tersebut mengangkat tema manajemen krisis dan kampanye PR di media sosial. Putri dan Rianto yang tergabung dalam Tim Astrajingga membuat proposal program kampanye PR #KitaTetapIndonesia yang dilatarbelakangi maraknya politik identitas yang terjadi saat ini.

“Kami merancang kampanye #KitaTetapIndonesia karena saat ini sudah memasuki tahun politik, dan telah banyak hoax yang mulai bermunculan. Biasanya sektor agama dan suku menjadi bahan hoax yang bisa mengadu domba kita. Rancangan kampanye kami dibuat untuk mencegah hal itu terjadi,” ujar Putri.

Kampanye #KitaTetapIndonesia merupakan wujud dari peace communication. “Menurut sebuah riset, 80% hoax yang beredar saat ini adalah hoax mengenai politik. Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa hoax dan hatespeech bisa mengancam persatuan bangsa. Maka, untuk melawan hoax yang bisa mengancam persatuan bangsa, selain meningkatkan literasi digital di hulu, perlu juga adanya peace communication di hilir,” kata Rianto.

Pada kompetisi tersebut, ada sepuluh tim yang masuk dalam babak semifinal. Para semifinalis berasal  dari Unpad, Universitas Negeri Jakarta, Kalbis Institute, Universitas Budi Luhur, Vokasi Universitas Indonesia,  serta Universitas Gadjah Mada.

Setelah lolos pada tahap semifinal, 10 tim ini diwajibkan untuk membuat poster dan mempresentasikan karya dan gagasannya di depan dewan juri dalam waktu sepuluh menit.*

Rilis: Fikom Unpad/art

 

The post Usung Kampanye Cegah “Hoaks”, Dua Mahasiswa Fikom Unpad Juara Lomba PR Program Aspikom appeared first on Universitas Padjadjaran.