Usung Pencapaian SDGs di Jawa Barat, Unpad Akan Gelar Konferensi Pembangunan Jawa Barat ke-III

[unpad.ac.id, 16/07/2017] Universitas Padjadjaran akan menggelar Konferensi Pembangunan Jawa Barat ke-III, 5 September mendatang. Konferensi sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-60 Unpad ini digelar sebagai media ekspresi berbagai kapasitas akademik bagi kemajuan pembangunan Jawa Barat.

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad saat melakukan diskusi di Kantor Harian Umum Pikiran Rakyat, Bandung, Rabu (16/08). (Foto: Arief Maulana)

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan, konferensi ini mengintegrasikan berbagai unsur strategis untuk bersama-sama bersinergi membangun Jawa Barat. Dikenal dengan skema kerja sama Pentahelix, ada lima unsur penting yang harus diintegrasikan, yaitu akademisi, pemerintah, pelaku bisnis, masyarakat, dan media.

“Daya dukung sektor akademik bersama pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, dan media akan memiliki daya ungkit yang luar biasa,” ujar Rektor saat melakukan diskusi terbatas di kantor Harian Umum Pikiran Rakyat, Bandung, Rabu (16/08).

Melihat tantangan pembangunan bangsa, perguruan tinggi saat ini dituntut untuk tidak hanya mengurusi urusan pendidikan dan riset. Rektor mengatakan, saat ini perguruan tinggi memasuki generasi ketiga, yaitu aktif berkontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa.

Dengan didorong menjadi perguruan tinggi generasi ketiga, Pemerintah menargetkan perguruan tinggi dapat menjadi lembaga yang bisa memberikan dampak bagi pembangunan ekonomi dan peningkatan budaya bangsa.

Sejalan dengan semangat “From West Java for Indonesia to the World Through Sustainable Develompment”, konferensi pembangunan ketiga ini akan fokus pada subtansinya. Rektor menjelaskan, nantinya konferensi ini akan mulai berbicara bagaimana capaian Jawa Barat dalam mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain menggelar diskusi di Pikiran Rakyat, rangkaian kegiatan Konferensi Pembangunan Jabar ke-III ini juga akan diisi dengan kegiatan Jawa Barat Summit dan pameran produk unggulan dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Dalam diskusi tersebut, dipaparkan mengenai beberapa pusat unggulan maupun pusat penelitian yang ada di Unpad, diantaranya penjelasan Dewan Profesor, Aliansi Strategis Unpad (ASUP) Jabar, SDGs Center, Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi, Riset Industri Pengembangan Daerah (Inrik), Pusat Riset Gender dan Wanita, Pusat Riset Dinamika Pembangunan, serta PusatPenelitian Pengembangan Institusi Nanoteknologi dan Graphene.

Adapun diskusi ini dimoderatori Wakil Pemimpin Redaktur Pikiran Rakyat Erwin Kustiman dan dihadiri Dewan Redaksi Pikiran Rakyat Ridlo Eisy.*

 

Laporan oleh Arief Maulana

The post Usung Pencapaian SDGs di Jawa Barat, Unpad Akan Gelar Konferensi Pembangunan Jawa Barat ke-III appeared first on Universitas Padjadjaran.