Weathernews Inc., Gandeng Unpad Teliti Pencemaran Udara di Kota Bandung

[unpad.ac.id, 4/4/2018] Universitas Padjadjaran melalui pusat unggulan Center for Environmental and Sustainability Science (CESS) dan program studi Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana akan melakukan kerjasama penelitian dengan perusahaan layanan cuaca terbesar di dunia, Weathernews Inc., di bidang lingkungan hidup.

Perusahaan layanan cuaca terbesar di dunia, Weathernews Inc., menggandeng Center for Environmental and Sustainability Science (CESS) dan program studi Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran untuk melakukan riset terkait pengukuran pencemaran udara kota Bandung melalui teknologi robotik. Rencana ini disampaikan pihak Weathernews saat melakukan kunjungan ke kantor CESS Unpad di Jalan Sekelola Selatan, Bandung, Senin (2/4).*

Inisiasi kerjasama tersebut disampaikan Direktur Pelaksana Eksekutif Weathernews Inc., Dr. Yasushi Shiga saat mengunjungi kantos CESS Unpad di Jalan Sekeloa Selatan, Bandung, Senin (2/4). Kunjungan Yasushi yang didampingi Profesor dari Perfectural University of Hiroshima Prof. Akemi Kariya ini diterima secara resmi oleh Prof. Dr. Oekan S. Abdoellah, M.A., dari prodi Ilmu Lingkungan.

Berdasarkan informasi yang diterima Humas Unpad, penelitian ini akan berlangsung selama lima tahun. Penelitian dengan skema SATREPS, atau suatu program riset dengan dana hibah dari JST dan JICA, ini akan memantau tingkat pencemaran udara di kota Bandung melalui teknologi tinggi robotik. Penelitian akan melibatkan sejumlah mahasiswa Unpad.

Data pantauan kemudian digunakan untuk kepentingan pendidikan lingkungan hidup serta memprediksi dampak dan risiko pencemaran udara terhadap kesehatan manusia. Data ini juga didorong untuk menjadi publikasi internasional maupun luaran lain yang mendukung pengembangan kedua institusi.

Pihak Weathernews Inc., juga sepakat akan menghibahkan robot berikut sistem perangkat lunaknya kepada Unpad ketika penelitian selesai. Terkait inisiasi ini, baik Kepala CESS Unpad Parikesit, PhD maupun Ketua prodi Ilmu Lingkungan Unpad Sunardi, PhD, sangat menyambut baik. Dalam waktu dekat, proses penandatanganan Nota Kesepahaman akan dilangsungkan.*

Rilis/am

 

 

The post Weathernews Inc., Gandeng Unpad Teliti Pencemaran Udara di Kota Bandung appeared first on Universitas Padjadjaran.